Powered By Blogger

Selasa, 29 Oktober 2013

Apgar Score

Begitu bayi lahir, perawat atau petugas kesehatan yang membantu kelahiran akan mengatur timer selama 1 menit dan berikutnya selama 5 menit. Perawat atau petugas kesehatan saat itu sedang melakukan tes pertama terhadap bayi yang biasa disebut Apgar.

Sistem skoring ini (yang namanya diambil dari penemunya yaitu Virginia Apgar) membantu physician mengestimasi kondisi umum bayi pada saat lahir. Tes terdiri dari pengukuran detak jantung, pernafasan, fungsi otot, respon refleks dan warna. Tes ini tidak dapat memprediksi seberapa sehat bayi dalam pertumbuhan dan perkembangannya, atau sebagai indikasi potensi kecerdasan dan mental bayi. Namun tes ini dapat memberitahukan petugas bayi memberikan respon lebih lambat dari normal dan akan membutuhkan bantuan dalam beradaptasi dengan dunia barunya diluar rahim ibu.

Penilaian terdiri dari 5 kategori, masing-masing akan diberi nilai 2 poin jika memenuhi, kemudian seluruh skor akan dijumlahkan. Misalnya, detak jantung bayi lebih dari 100, menangis dengan keras, bergerak dengan aktif, meringis atau terbatuk jika diberi semprotan, tapi berwarna biru, maka apgar score bayi adalah 8. 2 poin hilang karena bayi berwarna biru, bukan pink. Kebanyakan bayi akan memiliki skor diatas 7. Oleh karena tangan dan kaki bayi tetap biru hingga bayi menjadi hangat, sedikit bayi yang memiliki skor sempurna 10.

Jika bayi anda memiliki skor diantara 5 dan 7 pada menit pertama, bayi mungkin memiliki problem selama kelahiran yang menurunkan kadar oksigen dalam darahnya. Dalam kasus ini, petugas mungkin akan segera mengeringkan bayi dengan handuk sementara oksigen diberikan dibawah hidungnya. Hal ini akan membantu bayi bernafas dengan dalam dan membantu meningkatkan suplai oksigennya sehingga Apgar score bayi pada waktu 5 menit akan menjadi 8-10.

Persentase bayi lahir dengan Apgar score dibawah 5 terbilang kecil. Misalnya bayi yang lahir prematur atau lahir dengan emergensi melalui operasi Caesar. Skor tersebut menandakan kesulitan yang dialami bayi selama persalinan atau problem pada jantung dan sistem pernafasannya.

Jika bayi anda memiliki Apgar score yang sangat rendah, petugas akan memasangkan suatu masker pada hidungnya untuk memompakan oksigen langsung ke paru-paru bayi. Jika ia belum bernafas dalam beberapa menit, suatu tabung akan ditempatkan pada batang tenggorokan atau pipa saluran udaranya, cairan dan obat-obatan mungkin akan diberikan melalui salah satu pembuluh darah pada tali pusatnya untuk meningkatkan detak jantungnya. Apabila Apgar score bayi masih rendah setelah tindakan-tindakan tersebut, ia akan dibawa ke ruang khusus untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif.



Score
0
1
2
Detak Jantung
Tidak ada
Lebih rendah dari 100/menit
Lebih dari 100/menit
Pernafasan
Tidak ada
Lambat, tidak teratur, suara tangisan lemah
Bagus, Tangisan kencang
Fungsi otot
Lemah
Beberapa menunjukkan pergerakan di tangan dan kaki
Pergerakan aktif
Refleks*
Tidak ada
Meringis
Meringis dan batuk atau bersin
Warna
Biru atau pucat
Badan pink, tangan dan kaki biru
Seluruh tubuh pink


* Refleks diuji dengan menggunakan kateter atau syringe (alat semprot/hisap) di hidung bayi untuk mendapatkan respon bayi

Untuk pengetahuan apabila bayi anda prematur dapat dilihat di sini

Sumber: American Academy of Pediatrics


Tidak ada komentar:

Posting Komentar